Tinjol Lolon Nyiur ( Memanjat Pohon Kelapa )

SID Akar-Akar 28 Oktober 2017 11:30:11 WIB

Akar-Akar, 27 Oktober 2017, Kegiatan  Masyarakat  Desa Akar-Akar  merupakan salah satu rutinitas setiap harinya, salah satunya yaitu “ TINJOL/MENEQ  LOLON NYIUR “ ( Memanjat Pohon Kelapa ). Untuk mengambil sari kelapa untuk siap di proses  menjadi Gula Merah.

Dimana Tijol Lolon Nyiur ini merupakan Aktivitas warga yang berada di Dusun Pawang Timpas Timur, Desa Akar-Akar, dengan memanjat alias Tijol Lolon Nyiur merupakan salah satu mata pencaharian sehari-hari.

Kemudian Tinjol lolon Nyiuar merupakan pokok mata pencaharian , selain dari hasil perkebunan , pertanian dan pengembala sapi, Tinjol Lolon Nyiur juga sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ( Keluarga ).

 Warga Dusun Pawang Timpas Timur bisa di katakan rata-rata mata pencaharian sebagai  usaha  Gula Merah.

Tinjol Lolon Nyiur merupaka pekerjaan yang sangat beresiko tinggi, namun warga Dusun Pawang Timpas Timur rata-rata sebagai pemenek ( Pemanjat ) Pohon Kelapa sehingga keberanian dan kesabaran untuk menjalani akativitas sehari-hari walaupun beresiko tinggi.

 Pokok dari Mata pencaharian Warga Dusun Pawang Timpas Timur yaitu membuat Gula Abang ( Merah ), sehingga ekonomi warga semakin meningkat.

Proses dari pembuatan gula abang ( Merah ), tentu tidak mudah, perlu proses yang lama yaitu :

  1. Memanjat Pohon Kelapa, lalu di ambil airnya melalui bunga tersebut, waktu dari pengambilan air dari bunga kelapa pagi dan sore hari.
  2. Setelah air bunga kelapa yang sudah di turunkan, lalu di masak sampai padat dan kental
  3. Di aduk-Aduk sampai kelihan berwarna merah, setelah itu di masukkan ke dalam bagan yang terbuat dari tangkel Kelapa ( tempurung Kelapa ).
  4. Untuk menunggu hasil yang maksimal, harus menunggu sampai kering dalam bagan tangkel kelapa ( Tempurung Kelapa ).
  5. Setelah kering dalam bagan tempurung Kelapa, lalu di keluarkan secara perlahan-lahan sehingga Gula abang ( Gula Merah ) tetap utuh sehingga siap untuk di pasarkan.

 

Komentar atas Tinjol Lolon Nyiur ( Memanjat Pohon Kelapa )

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Lokasi AKAR-AKAR

tampilkan dalam peta lebih besar