Pemerintah Desa Akar-Akar Gelar Acara Halal bi halal

SID Akar-Akar 06 Juli 2018 10:33:47 WIB

Akar-Akar, -  Pemerintah Desa Akar-Akar  menggelar acara halal bi halal pada hari Senin Pagi (2/07/2018) bertempat di Ruang Aula Kantor Desa Akar-Akar, di hadiri oleh Pemerintah Kecamatan Bayan,Pemimpin kewilayah Sedesa Akar-Akar, Ketua BPD beserta jajarannya, KUA Kec.Bayan Penghulu Desa Akar-Akar,Kepala Desa Persiapan Andalan Dan Gunjan Sari ( pejabat tang mewakili ) Ketua Karang Taruna, LPM, PKK,Ketua Remaja Masjid Sedesa Akar-Akar, Tokoh Agama,Tokoh masyarakat, Tokoh pemuda, Seta lembaga Lembaga yang ada di Desa aka-akar.  

                Acara di awali dengan pembacaan kalam ilahi ayat-ayat suci Al-Qur’an yang di bawakan oleh Bapak Tahmin, A.Ma.Pd yang merupakan salah satu Qori’ terbaik yang dimiliki oleh desa akar-akar. Para tamu undangan menyimak dan mendengarkan dengan Khusyuk lantunan ayat suci Al-Qur’an yang di bawakan oleh Bapak Tahmin,A.Ma.Pd.

                Selanjutnya Sambutan Kepala desa, Mengawali sambutannya Kepala Desa akar-akar, Akarman, S.Sos mejelaskan kepada tamu undangan Kronologis diadakannya Halal bi halal serta alokasi pendanaannya yang dimana Alokasinya bersumber dari dana desa yang merupakan satu pos dengan kegiatan takbiran dan safari ramadhan. Selanjutnya kades akar-akar memaparkan tentang sejarah desa akar-akar serta peradabannya pa zaman dahulu kepada semua tamu undangan, yang dimana sejarah tentang desa akar-akar sudah tertulis dan dibukukan di koleksi sejarah Perpustakaan daerah provinsi NTB, tentu ini menjadi pemaparan yang menarik dan sangat penting,mengulas kembali tentang sejarah dan terbentuknya Desa akar-akar, karena kita yang hidup sekarang ini yang tahu tentang sejarah desa akar-akar mempunyai kewajiban untuk mewariskannya kepada anak dan cucu kita agar adat istiadat dan budaya kita tidak hilang oleh peradaban zaman. Usai menjelaskan tentang sejarah desa akar-akar, Melalui momen Halal bi Halal Atas nama Desa Beliau Meminta maaf kepada Seluruh tamu undangan yang hadir. “Atas nama peribadi dan pemerintah Desa kami mohon maaf atas segala kekurangan kami terkait dengan pelayanan dan Acara hari ini,Minal Aidzin walfaidzin Mohon maaf lahir dan batin” ujar Akarman, S.Sos mengakhiri sambutannya .

Camat bayan Dalam sambutannya yang disampaikan oleh pejabat yang mewakili,Muslihin, S.Sos,beliau mengaku sungguh terkesima dengan sejarah-sejarah yang dimiliki oleh desa akar-akar, di hadapan para tamu undangan Muslihin, S.Sos Berbicara tentang kekayaan budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh Desa akar-akar yang dirasa mulai hilang pelestariannya, ” Tahun lalu saat kami bebicara tentang ritual keagamaan Desa akar-akar ini tidak Nampak, Tapi Alhamdulillah pada tahun ini Potensi budaya dan adat istiadat maupun syiar agamanya sudah mulai Nampak di ranah kecamatan bayan” Ujar Beliau di Hadapan Para Tamu Undangan. Selain itu  Muslihin, S.Sos juga berbicara tentang masa kejayaan Desa Akar-Akar, kembali mengulas sejarah Desa akar-Akar dengan keragaman budaya dan adat istiadatnya, seraya memberikan motivasi pada Kepala Desa Akar-Akar serta Bakal pemimpin-peminpin selanjutnya untuk terus menjaga kejayaan Desa Akar-Akar , ” Akar-Akar dulu pada zamannya pernah menempati masa keemasan dan ini tentu menjadi tanggung jawab untuk kepala desa untuk tetap menjaga dan mempertahankan semua itu” Tambah Kasi Kesos tersebut, sedikit demi sedikit potensi budaya dan syiar di desa akar-akar memang sudah kembali de hidupkan oleh kepala desa Akar-akar, ini dibuktikan dengan sangat antusiasnya masyarakat pada ritual “empas menanga Mual”, Semaraknya Antusias Dalam Lomba pawai takbiran di buktikan dengan bertambahnya Peserta Lomba, Kegiatan Safari Ramadhan tingkat Desa yang di lakukan oleh Pemdes Akar-Akar dalam Setiap bulan Ramadhan, Dan Turunnya Kepala Desa Akar-Akar secara langsung dalam Acara adat istiadat, Bahkan walaupun harus keplosok Desa. Muslihin S,Sos juga berharap potensi potensi yang ada di desa Akar-Akar terus dikembangkan serta budaya dan adat istiadat terus di lestarikan demi tercapainya kelangsungan hidup yang aman dan tentram. Melalui momen halal bi halal Muslihin, S.Sos  juga meminta maaf kepada semua yang hadir pada saat itu “ Tentu banyak yang menjadi kekurangan kami ditingkat kecamatan, apalagi kaitannya dengan pelayanan, melalui ini kami ucapkan permohonan maaf, semoga apa yang menjadi Kekurangan dan kesalahan kami di maafkan, mohon di maafkan geh..? “ Tanya beliau sambil mengakhiri sambutannya

Acara kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan Tausyah Agama Yang di sampaikan oleh H.Mustahik serta saling bersalam-salaman antara tamu undangan dan pemerintah Desa Akar-Akar. Kemudian di lanjutkan dengan penerimaan Alakadar yang sudah di siapkan oleh Pemerintah desa akar-akar diiringi oleh suara musik gambus islami, Menambah nyamannya suasana Halal bihalal tersebut.

(*Izz)

Foto/ Izz

 

 

Dokumen Lampiran : Pemerintah Desa Akar-Akar Gelar Acara Halal bi halal


Komentar atas Pemerintah Desa Akar-Akar Gelar Acara Halal bi halal

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background Fullscreen dengan CSS

Lokasi AKAR-AKAR

tampilkan dalam peta lebih besar