PEMERINTAH DESA AKAR AKAR LAKSANAKAN MUSRENBANGDES RKP-DESA 2020

Admin SID 02 Oktober 2019 09:37:07 WIB

SID AKAR AKAR INFO_ Pemdes Akar Akar telah menggelar MUSRENBANGDes lanjutan guna menetapkan rencana kerja pemerintah Desa Akar Akar untuk tahun 2020 yang berlokasi di Telaga Asmara(Senin,30/10/2019)

Musrenbangdes merupakan forum musyawarah tahunan para Instansi yang berkepentingan desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP-Desa) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbangdes dilaksanakan setiap 1 Tahun sekalii dengan mengacu pada RPJM Desa.

Hadir pada kesempatan itu Camat Bayan (Pejabat yang Mewakili), BPD Desa Akar Akar Beserta Anggota,Kadus Se Desa Akar Akar, LPM,Karang Taruna,PKK,MKD Desa, Pendsmping Lokal Desa, tokoh Pemuda,Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat.

Kepala Desa Akar Akar dalam Kata pengantarnya Menyampaikan Bahwa Musrenbang Penyusunan RKP-Desa merupakan Salah satu tahapan yang wajib bagi Pemerintah Desa untuk dilaksaakan tiap tahunnya dalam melaksanakan Rencana Pembangunan Desa. Lebih lanjut kepala Desa Akar Akar, Akarman, S.Sos juga mengatakan untuk meneliti kembali draf pengusulan RKP-Desa yang sudah di rancang oleh TIM RPD-Desa, terutama bagi Rencana Pembangunan Desa yang skala prioritasnya lebih tinggi. “bagi Kepala dusun dan eleman lembaga lainnya di periksa kembali draf rancangan RKP-Desa terutama bagi kepala dusun,apa yang menjadi proritas Dusun untuk dimasukan dalam Draf RKP-Desa” Ujar kepala Desa Akar Akar dihadapan para Peserta Musyawarah.

Menutup Kata Pengantarnya Kepala Desa Akar Akar berharap kegiatan musrenbang berjalan lancar sesuai dengan rencana dan beliau juga menegaskan kembali bahwa pada prinsipnya Kepala desa hanya sebagai pelaksana hasil musyarah yang sudah dilaksanakan.

Camat bayan (Pejabat yang Mewakili) dalam sambutannya Mengatakan bahwa dalam Penyusunan RKP-Desa haruslah memperhatikan kebutuhan setiap dusun dan kebutuhan masyarakat,mana segi Prioritas untuk di utamakan.penyusunan RKP-Desa juga harus disusun sesuai dengan alurnya. Kata beliau lebih lanjut.

Penggalian gagasan juga sudah dilaksanakan pemerintah desa guna mendapatkan gambaran untuk program kerja desa yang tepat sasaran, diantaranya pemerintah desa sudah melaksanakan rembuk Stunting bersama Kader Posyandu dan Lembaga Desa, Rembuk Pemuda dan Rembuk bersama Lansia. Selaian itu dimasing-masing dusun juga sudah melaksanakan Musdus ( Musyawarah Dusun ) tentang RKP-Desa.

Kegiatan MusrenbangDes yang dilaksanakan yang dilaksanakan oleh pemerintah desa yang berlokasi di telanga Asmara pada Hari kamis merupakan tahap final sebelum disahkan oleh BPD,Kegiatan tersebut juga dimaksudkan agar rencana Kerja Pembangunan Desa bisa berjalan sesuai rencana dan sesuai dengan kebutuhan masyarkat.

Ketua BPD “ Dianem” dalam sambutannya mengatakan bahwa apa yang disahkan BPD tidak lepas dari hasil Pagas, hasil Musyawarah Dusun dan hasil Musrenbang.”Apa yang BPD sahkan terkait dengan RKP-Desa adalah yang terlahir dari masyakat, lahir dari gagasan-gasagan masyarakat dan tentunya musyawarah dusun yang telah dilaksanakan,jadi kami berharap tidak ada lagi dikemudian hari ada yang menanyakan dimana hasil pagas dan musrenbang,karena pada dasarnya apa akan BPD sahkan Bersama Pemerintah Desa adalah hasil rembuk kita bersama.” Kata Ketua BPD.

Adapun bidang yang telah disepakati dalam MusrenbangDes tersebut adalah Sbb;

  1. Bidang Penyelenggaraan Pemerintah Desa
  2. Bidang Pembangunan Desa
  3. Pembinaan Masyarakat
  4. Pemberdayaan Masyarakat
  5. Penanggulangan bencana,Keadaan Darurat dan Mendesak Desa

Draf usulannya terlampir pada artikel ini.silahkan download untuk melihat apa saja draf usulannya.

sesuai hasil musyarah,Draf RKP-Desa Yang sudah disahkan oleh BPD bersama pemerintah Desa Akan di musrenbangkan ulang ke tingkat kecamatan.

membangun apa yang menjadi skala prioritas ditiap-tiap dusun dan membangun apa yang menjadi kebutuhan masyarakat agar terciptanya pembangunan yang merata dan tepat sasaran.

(*Imam3Z)

(Photo/Imam3z)

Dokumen Lampiran : DRAF USULAN RKP-DESA


Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Komentar
 

Layanan Mandiri


Silakan datang / hubungi perangkat Desa untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Masukkan NIK dan PIN!

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah Pengunjung

Background Fullscreen dengan CSS

Lokasi AKAR-AKAR

tampilkan dalam peta lebih besar